Salah satu aspek yang seharusnya mendapat perhatian utama oleh setiap pengelola pemerintahan adalah mengenai fasilitas, yang umumnya mencakup semua hal yang di pergunakan dan menunjang proses pemerintahan itu sendiri. Jadi secama umum fasilitas yang di maksud adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena apabila hal ini tidak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan dapat mencapai hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana.
Desa Sayati sebagai tempat pelayann publik tentunya harus di tunjang dengan berbagai fasilitas demi peningkatan kapasitas aparatur pemerintah Desa Sayati. Dapur dan kamar mandi merupakan salah satu fasilitas yang vital di dalam suatu gedung pelayanan publik khusus nya Desa Sayati, keadaan dapur dan kamar mandi yang terdapat di Kantor Desa Sayati kondisinya sudah jauh dari kata layak pakai dikarenakan kedaan kamar mandi yang saat ini sudah mengalami beberapa kerusakan dan kondisi dapur yang kurang memadai sehingga memerlukan perbaikan kembali.
Maka dari itu bantuan infrastruktur pemerintah pusat dalam pembangunan desa di alokasikan untuk perbaikan fasilitas di dalam kantor Desa Sayati. Penanganan pada masalah dapur dan kamar mandi yaitu dengan melakukan pembenahan kembali pada setiap bagian-bagianya seperti melakukan penggantian pintu kamar mandi dan dapur yang sudah rusak, menambah peralatan umum dapur dan kamar mandi, mengganti kramik yang sudah rusak, dan melakukan penambahan alat untuk saluran air bersih. Perbaikan ini menelan dana sekitar Rp. 27.384.500,-. dengan volume 1 Ls. Kini dapur dan kamar mandi kantor Desa Sayati sudah layak pakai sehingga mendukung aparatur desa untuk melayani masyarakat lebih baik lagi.