You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sayati

KEC. Margahayu, KAB. Bandung, Prov. Jawa Barat

Pelaksanaan Penggunaan Dana Desa Sayati Tahun Anggaran 2017


 Pelaksanaan Penggunaan Dana Desa Sayati Tahun Anggaran 2017

Pelaksanaan Kegiatan Dana Desa Tahun Anggaran 2017 di Desa Sayati telah berakhir, beragam pembangunan dan pengadaan telah di laksanakan. Dalam daftar rencana kegiatan ( DRK ), salah satu kegiatan dana desa mencakup Pembangunan Sarana Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan. Salah satu nya adalah dengan pembangunan SPAL, SPAL berdefinisi bangunan yang digunakan untuk mengumpulkan air buangan sisa pemakaian dari kran / hidran umum, sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain, sehingga air limbah tersebut dapat tersimpan atau meresap ke dalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya. SPAL tidak menyalurkan air kotor dari peturasan/jamban. Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL) sangat besar pengaruhnya guna menghindarkan sarana air bersih terutama sumur gali dari resiko pencemaran. SPAL yang di bangun ialah SPAL tertutup, yang artinya air dialirkan melalui pipa besi/PVC dan biasanya keluar air tidak bisa dilihat, dengan kelebihan bau dapat diminimalisir.

Kegiatan pembangunan SPAL telah di laksanakan di dua lokasi,  lokasi pertama di lingkungan RT 04 RW 05 dengan panjang SPAL mencapai 60meter dan menelan dana sekitar Rp. 15.035.000,-.  Lokasi ke dua SPAL di bangun di lingkungan RT 03 RW 16 dengan panjang beton 25 meter dan menelan dana sekitar Rp. 8.946.800,-.

Selain pendanaan SPAL Desa Sayati juga menggunakan anggaran Pembangunan Sarana Sanitasi dan Kebersihan Lingkungan nya untuk pengadaan KOMPOSER sampah. Salah satu dari pola hidup hijau yang dapat kita laksanakan adalah mengelola sampah organik rumah tangga, dengan membuatnya menjadi kompos. Kompos adalah pupuk yang dibuat dari sampah organik, sedangkan Komposer adalah alat yang di gunakan untuk merubah sampah menjadi kompos.

Komposer disebar di 3 bank sampah Desa Sayati yang belokasi di RW 03, RW 08, dan RW 17. Masing-masing bank sampah mendapatkan 10 buah komposer. Total pengadaan komposer ini ialah 30 buah komposer dengan biaya sekitar Rp. 13.585.700,-.

 

Dalam daftar rencana, kegiatan lainnya ialah kegiatan Pembangunan/Pengembangan Fasilitas Prasarana Lingkungan ( Jalan Setapak dan Jalan Lingkungan ). Desa Sayati telah melaksanakan pembangunan 3 Rabat Beton Jalan Gang, Rabat beton (lean concrete) adalah lapisan beton yang dibangun di dalam galian tanah. Fungsinya sebagai landasan cor beton, penahan kelembaban, serta penyetabil kerataan permukaan. Adanya rabat beton dapat mempermudah warga yang beraktifitas karena kondisi lingkungan yang lebih bersih dan tidak becek.

Kegiatan Rabat Beton Jalan Gang di laksanakan di tiga lokasi, lokasi pertama pembangunan di lakukan di jalan gang RW 08 dengan volume 9 m3 berbiaya Rp. 10.381.200,-. Kemudian di lanjutkan dengan pembangunan di lingkungan RW 09 dengan volume 7,2 m3 berbiaya Rp. 9.229.300,-. Terakhir pembangunan bervolume 11 m3 dengan biaya Rp. 13.333.800,- di laksanakan di lingkungan RW 16.

 

Daftar Rencana Kegiatan ( DRK ) menganggarkan juga untuk Pembangunan Drainase. Drainase yang dimaksud ialah suatu kegiatan pembangunan dengan tujuan meninggikan drainase yang sudah ada untuk mencegah banjir ketika volume air naik pada musim hujan.

Kegiatan pembangunan drainase telah di laksanakan di 4 lokasi,  lokasi pertama di lingkungan RW 07 dengan penambahan volume 17 m2 dan menelan dana sekitar Rp. 5.458.300,-.  Lokasi ke dua drainase di bangun di lingkungan RW 08 dengan volume 44 m2 dan menelan dana sekitar Rp. 9.333.500,-. lokasi ke tiga berlokasi di lingkungan RW 12 penambahan volume drainase 25 m2 dengan biaya Rp. 5.348.200,-. Terakhir peninggian drainase 26 m2 dengan biaya Rp. 9.308.900,- di laksanakan di lingkungan RW 13.

 

Demikian Laporan Penggunaan Dana Desa Sayati Tahun Anggaran 2017, dengan saling padu antara pengelolaan sampah, perbaikan sanitasi, perbaikan jalan dan peninggian drainase, di harapkan pelaksanaan pembangunan ini bisa menciptakan kenyamanan dan keamanan masyarakat Desa Sayati.

Bagikan artikel ini:
Komentar