You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sayati

KEC. Margahayu, KAB. Bandung, Prov. Jawa Barat

Bantuan Pemerintah Jawa Barat untuk Mendukung Pembangunan Desa Melalui Infrastuktur Rabat Beton


Bantuan Pemerintah Jawa Barat untuk Mendukung Pembangunan Desa Melalui Infrastuktur Rabat Beton

Infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Keberadaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan. Sarana dan prasarana fisik, atau sering disebut dengan infrastuktur, merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pelayanan masyarakat. Berbagai fasilitas fisik merupakan hal yang vital guna mendukung berbagai kegiatan pemerintahan, perekonomian, industri dan kegiatan sosial di masyarakat dan pemerintahan.

Program pemberdayaan masyarakat yang pernah diluncurkan oleh Pemerintah selama ini, meliputi bantuan perguliran dana bantuan prasarana dan sarana bantuan pendamping, dimana masyarakat diberi keleluasaan dalam menentukan kegiatan yang dilaksanakan atas dasar kesepakatan dalam musyawarah kelompok-kelompok masyarakat desa. Program yang menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat sebagai pendekatan operasionalnya. Pemerintah Kabupaten Bandung sebagai penggagas dari program ini. Menjadi fasilitator kepada masyarakat untuk merumuskan, menentukan dan memutuskan sendiri kegiatan pembangunan secara musyawarah sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Bantuan Dana Pembangunan dari Pemerintah Pusat Provinsi Jawa Barat bertujuan untuk mempercepat pemulihan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Sayati. Dalam daftar rencana, kegiatan yang menjadi Sasaran Kegiatan Program Pembangunan Prasarana Desa di Desa Sayati yaitu Rabat Beton Jalan Gang. Rabat beton (lean concrete) adalah lapisan beton yang dibangun di dalam galian tanah. Fungsinya sebagai landasan cor beton, penahan kelembaban, serta penyetabil kerataan permukaan. Jalan yang berlokasi di RW 10 kondisi jalannya saat ini sudah rusak parah dan apabila tidak segera di perbaiki kemungkinan bisa menyebabkan kecelakaan karena jalan tersebut merupakan salah satu akses alternatif masuk ke wilayah tersebut. Penanganan pada masalah jalan tersebut yaitu dengan melakukan pembangunan ulang menggunakan bahan/material yang lebih berkualitas dan pengerjaan yang lebih baik agar hasil yang di dapat tidak akan mudah rusak sehingga dapat di askes dengan dengan nyaman dan aman.  

 

Pembangunan Rabat Beton Jalan Gang ini menelan dana sekitar Rp. 46.302.800,-. dengan volume 40 m3. Dengan adanya rabat beton dapat mempermudah warga yang beratifitas karena kondisi lingkungan yang lebih bersih dan tidak becek.

 
 
Bagikan artikel ini:
Komentar